Bagikan

6 Kegunaan QRIS untuk Mempermudah Operasional Bisnis

Mar 09, 2023

6 Kegunaan QRIS untuk Mempermudah Operasional Bisnis

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, kan? Beberapa tahun terakhir, QRIS menjadi salah satu metode pembayaran yang populer untuk beragam transaksi offline. Entah itu membeli pakaian di toko ritel, atau membeli minuman di coffee shop, sebagian besar toko telah menawarkan metode pembayaran QRIS. Bagi pelanggan, metode pembayaran dengan QRIS dianggap sebagai metode yang praktis, cepat, dan mudah. Lalu, bagaimana kegunaan QRIS bagi pemilik bisnis itu sendiri?

Kegunaan QRIS yang Praktis untuk Bisnis Kamu

Selain menguntungkan pelanggan, ternyata metode pembayaran QRIS juga bermanfaat bagi pemilik bisnis. Berikut ini adalah beberapa kegunaan QRIS bagi bisnis:


  • Metode pembayaran digital yang lengkap


Pertama, QRIS adalah metode pembayaran digital yang sangat lengkap. Artinya, semua instrumen pembayaran yang berada di bawah naungan Bank Indonesia, baik itu bank konvensional maupun digital wallet, bisa memanfaatkan metode pembayaran QRIS. Cukup memindai kode QR dengan aplikasi perbankan atau aplikasi keuangan lainnya, dan pembayaran pun beres.

Tidak hanya sebagai metode pembayaran, QRIS juga direncanakan akan memiliki beberapa fungsi lainnya dengan fitur TTS. QRIS TTS sendiri merupakan singkatan dari Transfer, Tarik tunai, dan Setor tunai. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan transfer dengan scan kode penerima dana, tarik tunai di ATM maupun merchant, hingga setor tunai melalui merchant. 


  • Alat untuk membantu budgeting


Saat toko atau bisnis baru saja buka, terkadang belum ada cukup uang kembalian untuk diberikan pada pelanggan Anda. Akibatnya, Anda atau pegawai lain harus mengambil uang dari dompet pribadi agar pembeli bisa mendapatkan kembalian. Nah, hal ini akan menyulitkan Anda nantinya saat melakukan budgeting atau saat memanajemen keuangan toko. 

Nah, dengan menyediakan metode pembayaran QRIS, manajemen keuangan pribadi Anda atau pegawai bisa dipisahkan dengan keuangan bisnis. Dengan begitu, proses budgeting untuk kebutuhan toko dan kebutuhan pribadi pun bisa dilakukan dengan mudah karena terpisah satu sama lain.


  • Media promosi bisnis


Mengimplementasikan metode pembayaran QRIS bagi bisnis juga bisa menjadi media promosi untuk bisnis Anda sendiri. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan pembayaran tersebut, Anda mengkomunikasikan pada pelanggan bahwa bisnis Anda peduli terhadap kebutuhan konsumen. Mengingat, mereka membutuhkan metode pembayaran yang mudah dan praktis, sehingga transaksi di toko bisa berjalan cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggambarkan bahwa bisnis Anda akan selalu mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam penyediaan metode pembayaran.


  • Meningkatkan credit profile


Bagi bisnis, meningkatkan credit profile adalah hal yang penting. Dengan profil yang baik, maka bisnis tersebut dapat lebih mudah mendapatkan pinjaman modal dari institusi lender yang dipilih. Akhirnya, bisnis pun bisa lebih berkembang dengan bantuan pinjaman tersebut. Nah, Anda bisa membangun credit profile yang baik dengan menerapkan metode pembayaran QRIS bagi bisnis. Mengapa demikian?

QRIS membantu Anda dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi di bisnis Anda. Artinya, lembaga keuangan dapat dengan mudah mengetahui seberapa besar potensi bisnis Anda dapat membayar utang yang diambil. Jika penjualan beberapa waktu terakhir sangat baik, maka akan terlihat pada data transaksi QRIS bisnis, dan lembaga keuangan tidak akan ragu memberikan pinjaman modal.


  • Melindungi diri dari uang palsu


Metode pembayaran QRIS saat ini diatur dan diawasi oleh Bank Indonesia. Artinya, Anda tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanan metode pembayaran satu ini. Sebagai metode pembayaran yang bersifat elektronik atau cashless, Anda juga terhindar dari potensi penipuan dalam bentuk transaksi uang palsu.


  • Menjaga transparansi pencatatan keuangan


Kegunaan QRIS bagi bisnis yang terakhir adalah metode ini membuat tindakan kecurangan pencatatan transaksi sehari-hari bisa sangat ditekan. Hal ini dikarenakan setiap transaksi yang dilakukan dengan QRIS akan otomatis tercatat pada sistem. Sehingga, oknum yang tidak bertanggung jawab akan sulit untuk memanipulasi hal tersebut. 


Ternyata, metode pembayaran QRIS tidak hanya berguna bagi pelanggan, tapi juga bisnis, kan? Oleh karena itu, Anda yang belum menerapkan implementasi QRIS pada bisnis dapat segera melakukannya. Tidak hanya terbatas pada bisnis yang menjual produk fisik pada pelanggan, para Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) seperti perbankan dan fintech juga dapat mengimplementasikan QRIS dengan menjadi Member QRIS Jalin.

Dengan menjadi anggota, PJP dapat menjangkau nasabah yang lebih luas, mengingat antusiasme masyarakat terhadap transaksi pembayaran yang mudah dan praktis semakin tinggi. Sistem QRIS dari Jalin juga telah dilengkapi dengan tools data intelligence yang modern, sehingga PJP bisa memperoleh insight mengenai kebutuhan konsumen dengan mudah. Ingin tahu lebih lanjut? Cek informasi lebih lengkap mengenai QRIS Jalin!


Artikel Terbaru