Bagikan

Apa Arti CVV pada Kartu ATM?

Aug 27, 2022

Apa Arti CVV pada Kartu ATM?

CVV atau Card Verification Value merupakan istilah yang familiar dalam menggunakan transaksi pembayaran online melalui kartu debit maupun kartu kredit. CVV atau yang juga kerap disebut dengan CVC (Card Verification Code) adalah tiga digit angka terakhir yang terdapat di belakang kartu kredit dan kartu debit (kartu ATM).

 

Yang membedakan CVV dan CVC adalah perusahaan jaringan pembayaran yang digunakan bank penerbit kartu tersebut. Jika kartu tersebut berlogo VISA, maka menggunakan istilah CVV. Jika kartu kredit dan debit berlogo Mastercard, maka menggunakan istilah CVC. Beberapa CVV kartu kredit juga biasanya berisikan empat digit.

 

CVV/CVC sebagai Kode Pengaman dalam Bertransaksi

 

CVV merupakan alat keamanan dalam transaksi pembayaran elektronik yang sudah digunakan sejak tahun 1997 oleh VISA. Sementara Mastercard menyusul pada tahun 2001. Hingga tahun 2003, penggunaan fitur CVV/CVC ini diseragamkan, guna melindungi nasabah saat melakukan pembayaran transaksinya secara online.

 

CVV/CVC merupakan nomor digit yang bersifat sangat rahasia. Jangan pernah memberikan nomor CVV/CVC kartu debit maupun kredit kepada pihak lain tanpa persetujuan, untuk bertransaksi perbankan melalui kartu tersebut. Maraknya kejahatan perbankan, membuat penerbit bank mengandalkan kode CVV/CVC untuk memastikan keamanan transaksi para nasabah. Bank penerbit menetapkan 16 digit unik bersama dengan tiga atau empat kode CVV/CVC di belakang kartu tersebut. Kode ini terpisah dari 16 digit tersebut dan tercetak di bagian ujung kanan sepanjang pita jenis pada kartu ATM.

 

Perbedaan CVV/CVC dengan PIN

 

  • PIN sepenuhnya diatur oleh bank nasabah, sementara CVV adalah kode unik yang diberikan bank saat menerbitkan kartu debit maupun kartu kredit.
  • PIN dapat diubah sesuai keinginan, sementara CVV adalah kode yang bersifat permanen.
  • PIN yang dipakai saat nasabah melakukan transaksi offline atau fisik, sementara CVV adalah kode yang diperlukan untuk melakukan transaksi online.
  • Angka PIN bisa sama untuk banyak kartu ATM, sementara CVV bersifat unik, bahkan CVV kartu debit selalu memiliki angka yang berbeda meski bank memberikan kartu debit baru dengan nomor 16 digit yang sesuai dengan yang tertera pada kartu lama.

 

CVV/CVC adalah kode pengganti dari PIN dan tanda tangan yang biasanya digunakan sebagai bentuk konfirmasi bahwa pemegang kartu atau nasabah memang pemilik kartu yangs sah saat menyelesaikan transaksi baik secara online maupun offline. Selain itu, CVV/CVC juga berperan sebagai jaminan pihak bank untuk mempercayai transaksi online yang dilakukan oleh nasabah, bahkan dalam nominal besar. Jika nasabah tidak menyertakan CVV/CVC, maka proses pembayaran akan ditolak secara otomatis, bahkan pada kartu kredit, biasanya akan terblokir.

 

Oleh sebab itu, pada setiap transaksi online yang  menggunakan kartu debit dan kredit, nasabah pemegang kartu biasanya harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang digunakan. CVV/CVC merupakan salah satu bentuk keamanan yang melindungi nasabah.

Artikel Terbaru