- Apakah layanan ATM Link?
- ATM Link adalah sebuah layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan dan non perbankan yang terhubung ke dalam Jaringan Link. Bank yang terhubung dalam Jaringan Link akan dapat memberikan layanan yang luas bagi nasabahnya untuk dapat menikmati berbagai layanan seperti Cek Saldo, Tarik Tunai, Transfer Uang, dan Pembayaran Tagihan.
- Apakah nasabah harus mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanan ATM Link?
- Nasabah tidak perlu mendaftar untuk dapat menggunakan layanan ATM Link, selama kartu ATM memiliki logo Link. Untuk non nasabah Link akan dikenakan tambahan biaya untuk transaksi di ATM Link seperti tarik tunai atau transfer dengan tarif sesuai kebijakan Bank penerbit kartu ATM yang dimiliki nasabah.
- Apakah ada batasan jumlah uang dalam sekali transaksi transfer di ATM Link?
- Ada batasan jumlah uang dalam sekali transaksi pada ATM Link yaitu Rp10,000,000 untuk maksimum transfer per transaksi per hari. Nominal juga dapat berbeda tergantung kebijakan masing masing Bank penerbit kartu.
- Bagaimana cara melakukan transaksi transfer melalui jaringan ATM Link?
-
- 1. Datang ke lokasi mesin ATM sesuai bank yang Anda miliki maupun ATM berlogo ATM Link.
- 2. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin.
- 3. Pilih bahasa yang Anda inginkan (Indonesia atau Inggris).
- 4. Masukkan PIN kartu ATM.
- 5. Pilih menu "Transfer".
- 6. Masukkan nomor rekening bank tujuan transfer.
- Jika saya mengalami masalah/kendala saat bertransaksi di ATM Link, siapa yang harus saya hubungi?
- Jika ada kendala saat bertransaksi di ATM Link, nasabah dapat menghubungi nomor layanan yang tertera pada badan mesin ATM tempat anda bertransaksi.
- Berapakah biaya yang dikenakan kepada nasabah bank untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui jaringan ATM Link?
-
Tarif transaksi antar nasabah Himbara:
- Cek Saldo: gratis
- Tarik Tunai: gratis
- Transfer antar Himbara: Rp4.000
-
Tarif transaksi nasabah non Himbara :
- Cek Saldo: Rp4.000
- Tarik Tunai: Rp7.500
- Transfer: Rp6.500
- Berapa lama proses penanganan keluhan di ATM Link?
- Setiap keluhan yang masuk ke ATM Link akan diproses selambat-lambatnya 14 hari kerja dari tanggal diterimanya keluhan yang akan di proses oleh Bank Nasabah.
- Bagaimana keamanan bertransaksi di ATM Link?
- Kemanan bertansaksi di ATM Link aman, karena didukung oleh infrastruktur yang mumpuni serta fitur yang mendukung keamanan bertransaksi sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan regulator.
- Di mana saya bisa menemukan ATM Link?
- ATM Link dapat ditemukan di berbagai tempat di seluruh pelosok tanah air dengan total lebih dari 38 ribu jumlah ATM.
- Apakah nasabah pemegang kartu ATM selain Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) bisa bertransaksi di ATM Link?
- Nasabah pemegang kartu ATM selain Himbara tetap dapat melakukan transaksi di ATM Link, namun akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan kebijakan biaya transaksi yang ditetapkan Bank penerbit kartu.
- Bagaimana cara menjadi member Jalin?
- Calon member dapat mengisi formulir kerja sama dengan Jalin pada halaman Produk & Layanan. Form berisi keterangan Nama, Alamat Email, beserta Deskripsi Produk yang ingin digunakan. Kami akan menghubungi Anda lebih lanjut untuk memproses form tersebut.
- Bagaimana cara menjadi merchant QRIS?
- Lengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh Perusahaan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) tersebut. Tunggu proses verifikasi, pembuatan Merchant ID dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP. PJSP akan mengirimkan sticker QRIS. Selanjutnya Anda akan diminta menginstall aplikasi sebagai merchant QRIS.
- Apa yang dimaksud dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)?
- Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN adalah sebuah sistem pembayaran yang menghubungkan transaksi nontunai dengan seluruh instrumen perbankan.
- Bagaimana dengan sistem keamanan nasabah sesudah pemberlakuan GPN?
- GPN memiliki standar yang digunakan oleh industri untuk interkoneksi dan interoperabilitas pada instrumen pembayaran, gerbang pembayaran dan switching, serta keamanan. Penyusunan standar didasarkan kepada best practice standar keamanan international dan dalam implementasinya juga melalui proses sertifikasi.
- Apakah seluruh kartu debit berlogo nasional (GPN) sudah dapat menggunakan EDC dari bank-bank lain?
- Seluruh kartu debit berlogo nasional (GPN) dapat digunakan di seluruh EDC Bank di Indonesia.
- Apakah setelah implementasi GPN, setiap nasabah baru dapat langsung memperoleh kartu GPN?
- Setiap nasabah bank bisa mendapatkan kartu GPN di kantor cabang bank nasabah terdekat dengan mengganti kartu lama atau membuka rekening baru untuk mendapatkan kartu berlogo nasional (GPN).
- Apakah kartu GPN dapat digunakan di luar negeri?
- Saat ini, kartu GPN hanya dapat digunakan untuk transaksi domestik. Untuk transaksi di luar negeri (cross border) maka masyarakat dapat menggunakan kartu berlogo internasional.
- Apa manfaat Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk merchant?
- GPN memiliki Merchant Discount Rate (MDR) lebih kompetitif dibandingkan metode pembayaran lainnya.
- Apa manfaat Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk masyarakat?
- Dengan menggunakan kartu GPN ini, nasabah bank bisa melakukan pembayaran di semua merchant yang memiliki mesin EDC berlogo GPN yang tersebar di seluruh Indonesia.