Bagikan

Peranan Metode Pembayaran Non Tunai untuk Layanan Pelanggan

Jun 05, 2023

Peranan Metode Pembayaran Non Tunai untuk Layanan Pelanggan

Dalam era yang semakin berkembang, metode pembayaran semakin bertambah. Saat ini, metode pembayaran tidak sepenuhnya hanya bergantung pada pembayaran tunai saja. Sebab, sudah ada pembayaran non tunai praktis yang mampu meningkatkan layanan pelanggan. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu peranan pembayaran non-tunai melalui informasi berikut ini!

1. Mengurangi Waktu dan Volume Antrean

Mengandalkan inovasi teknologi, pembayaran non tunai efisien dalam mengurangi waktu dan volume antrean. Cukup dengan beberapa klik melalui kanal pembayaran digital, proses transaksi dapat segera diselesaikan, memungkinkan pembayaran  yang cepat dan efisien.

Contohnya, antrean panjang karena kasir tidak punya kembalian yang cukup untuk uang Anda, tentunya cukup mengganggu dan memakan waktu, kan? Nah, dengan pembayaran non-tunai Anda tidak perlu menunggu lama atau antre panjang menunggu uang kembalian. Pasalnya, Anda bisa membayar belanjaan dengan jumlah uang yang pas berkat beragam sistem pembayaran digital yang tersedia.

2. Menjaga kepercayaan pelanggan

Metode pembayaran non tunai terbilang sangat aman. Anda tidak perlu membayar uang tunai dalam bentuk fisik yang rawan hilang, dicuri, atau dipalsukan. Dengan begitu, maka pelanggan akan merasa lebih nyaman dan aman untuk melakukan transaksi di tempat Anda.

Apalagi, pembayaran non tunai sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan transaksi yang canggih untuk layanan pelanggan, contohnya 3D Secure khususnya untuk para pemegang kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

3D Secure adalah protokol keamanan yang mengharuskan pelanggan memverifikasi transaksi dengan memasukkan PIN atau kode OTP dari SMS. Jadi, teknologi ini mampu menjadi perlindungan tambahan transaksi non-tunai dalam mencegah penipuan atau risiko keamanan transaksi lainnya demi menjaga kepercayaan pelanggan.

3. Dukung Transparansi Transaksi 

Keamanan transaksi digital tentunya tak terlepas dari transparansi transaksi. Aspek ini memungkinkan pelanggan untuk memantau sekaligus memverifikasi aktivitas perbelanjaan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan keamanan dan kepercayaan pelanggan.

Contoh transparansi transaksi bisa Anda temukan saat melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Sebab, QRIS menawarkan pembayaran secara instan dimana pelanggan dapat mengawasi dengan baik mutasi sekaligus buktinya. Apalagi, Anda maupun pelanggan bisa menyelesaikan transaksi dan mendapatkan buktinya dalam waktu singkat. Jadi, Anda dapat menjaga kepuasan pelanggan untuk meningkatkan reputasi bisnis.

4. Bisa Diintegrasikan dengan Loyalty Program

Biasanya, pembayaran non tunai sering terhubung dengan loyalty program yang dapat menarik pelanggan baru sekaligus meningkatkan kepuasan layanan pelanggan. Sebab, melalui loyalty program pelanggan akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti poin bonus ataupun cashback.

Misalnya, setiap kali pelanggan menggunakan aplikasi X untuk pembayaran di tempat Anda, maka mereka akan mendapatkan poin reward. Selanjutnya poin ini bisa digunakan nasabah untuk melakukan transaksi selanjutnya. Hal ini memunculkan transaksi berkelanjutan untuk jangka panjang. Melalui skema program ini, maka pelanggan dapat merasa dihargai sehingga tingkat kepuasan mereka selama berbelanja di tempat Anda akan meningkat.

5. Tunjang Kemudahan Pembayaran Konsumen

Pembayaran non tunai mendukung kemudahan dalam bertransaksi. Pasalnya, konsumen mempunyai akses dan kontrol yang mudah atas transaksi keuangan yang mereka lakukan. Mulai dari melihat riwayat transaksi, mengatur anggaran, hingga memeriksa saldo bisa dilakukan dengan beberapa klik saja.

Apalagi, saat ini mulai muncul pembayaran via NFC. apa itu? NFC adalah Near Field Communication yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan smartphone yang sudah terhubung dengan kartu Anda ke perangkat pembayaran di toko. Mudah sekali, kan?

6. Fleksibilitas Pembayaran yang Lebih Baik

Metode pembayaran non tunai ada berbagai macam, mulai dari kartu kredit, dompet digital, kartu debit, QRIS, dan lain-lain. Dengan begitu, konsumen dapat memilih opsi yang paling tepat sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Peranan metode pembayaran non tunai signifikan dalam menciptakan fleksibilitas pembayaran yang lebih baik bagi konsumen.  Fleksibilitas ini juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembayaran dari kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa uang fisik.


Dapat disimpulkan bahwa metode pembayaran non tunai memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Kemudahan, keamanan, dan fleksibilitas yang disediakan oleh metode pembayaran non tunai dapat memberikan pengalaman transaksi yang lebih baik bagi pelanggan. Jalin sebagai perusahaan yang mendukung infrastruktur layanan pembayaran non tunai perbankan dan fintech turut berkomitmen untuk memberikan akses keuangan yang mudah bagi masyarakat. Ingin tahu apa saja jenis layanan yang tersedia di Jalin? Cek di sini!


Artikel Terbaru