Bagikan

Cara Menggunakan Kartu Kredit Indonesia untuk Transaksi

Sep 05, 2023

Cara Menggunakan Kartu Kredit Indonesia untuk Transaksi

Sebelum ada Kartu Kredit Indonesia (KKI), pemerintah telah mengeluarkan Kartu Kredit Pemerintah untuk keperluan belanja APBN. Namun, per bulan Mei 2023 lalu pada acara FEKDI 2023, branding KKP digantikan oleh KKI untuk menunjang perekonomian nasional dengan menitikberatkan transaksi digital serta akuntabilitas. Lantas, apakah cara pakai kedua jenis kartu kredit ini masih sama, atau sudah berbeda jauh? Mari kita simak selengkapnya di sini!

Tahapan Transaksi dengan Kartu Kredit Indonesia

Kartu Kredit Indonesia memiliki dua bentuk yang berbeda, yaitu kartu kredit digital dan kartu fisik sebagaimana kartu kredit pada umumnya. Di manakah letak perbedaan dan kesamaan tahapan transaksi keduanya? Anda bisa menemukan jawabannya pada penjelasan berikut:

KKI Domestik QRIS

Saat masih dikenal dengan sebutan Kartu Kredit Pemerintah, KKI Domestik berupa kartu kredit digital yang bisa digunakan untuk pembayaran dengan kode QR. Namun, sebelum bisa bertransaksi dengan kartu tersebut, pemiliknya harus menyelesaikan proses aktivasi terlebih dahulu melalui mobile banking. Kemudian, barulah mereka dapat mengikuti tahapan ini:

  1. Buka fitur scan kode QR di aplikasi mobile banking bank penerbit KKI;
  2. Pilih sumber dana untuk pembayaran;
  3. Pilih opsi “Kartu Kredit Pemerintah Domestik”;
  4. Input nominal pembayaran jika kode QR merchant menggunakan mode statis atau konfirmasi nominal yang tertera jika menggunakan mode otomatis;
  5. Masukkan PIN yang terdaftar;
  6. Transaksi selesai, dan buktinya akan masuk pada tagihan bulan berjalan pemerintah.


KKI Fisik

Jenis Kartu Kredit Indonesia yang diluncurkan pada acara FEKDI 2023 lalu berbentuk kartu fisik, sehingga cara pakainya berbeda dengan KKI Domestik QRIS. Alih-alih menggunakan logo Visa atau Mastercard, kini kartu kredit ini memiliki logo GPN.

Maka dari itu, transaksi untuk kartu KKI fisik memerlukan EDC yang mendukung metode pembayaran tersebut. Setelah mengkonfirmasi nominal yang tertera dan memasukkan PIN, pemilik KKI akan menerima bukti pembayaran dan nominalnya akan ditagih pada bulan berjalan.

Kelebihan Bertransaksi Menggunakan KKI

Transaksi dengan KKI memiliki banyak kelebihan yang tidak hanya akan menguntungkan pemiliknya, tapi juga perekonomian negara secara keseluruhan. Pelajari manfaatnya di bawah ini:

Biaya transaksi lebih bersahabat

Pemilik kartu maupun merchant yang menerima pembayaran KKI bisa menghemat pengeluaran dengan metode pembayaran ini. Sebab, menurut pernyataan Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia pada pembukaan acara FEKDI 2023 lalu, KKI akan memberlakukan biaya transaksi 0% untuk anggota pemerintah. Sementara itu, pemilik usaha hanya perlu membayar skema biaya yang lebih efisien.

Transaksi secara real-time dan cepat

Sama seperti pembayaran non-tunai pada umumnya, KKI memungkinkan pemilik kartu kredit maupun merchant menyelesaikan transaksi dalam waktu lebih singkat. Sebab, teknologi kartu ini sudah mendukung transaksi secara real-time, sehingga pemilik usaha dapat langsung menerima dana dari pembeli. Sementara itu, anggota pemerintahan yang berbelanja bisa langsung mendapatkan bukti pembayaran untuk diserahkan kepada pihak terkait dalam rangka proses verifikasi transaksi.

Lebih aman dan efisien

Salah satu kekhawatiran utama dalam penggunaan uang tunai adalah risiko pemalsuan uang kertas serta kesalahan pencatatan di sisi tim keuangan. Padahal, dua masalah ini bisa menimbulkan banyak kerugian bagi penjual maupun pelanggan.

Akan tetapi, KKI bisa meminimalkan risiko tersebut dengan teknologi enkripsi mutakhir yang banyak digunakan kartu kredit pada umumnya, yaitu 3D Secure, supaya dana bisa langsung masuk ke rekening tujuan dan transaksinya tercatat dengan benar.

Bisa untuk berbagai merchant

Untuk bertransaksi dengan KKI, pemilik kartu hanya perlu menemukan merchant yang menyediakan EDC dari bank penerbit kartu. Misalnya, BCA sudah menerima pembayaran dengan kartu kredit khusus pemerintah dengan EDC mereka untuk kartu yang mereka terbitkan.

Jadi, entah itu untuk membeli barang keperluan kantor pemerintahan, memperbarui software pekerjaan ASN, atau memesan tiket perjalanan dan penginapan untuk keperluan dinas, pemilik KKI tinggal mengunjungi merchant lokal yang tergabung dalam Gerakan Bangga Buatan Indonesia.


Walaupun sudah memiliki bentuk kartu fisik dan cara penggunaan yang berbeda dengan versi sebelumnya, Kartu Kredit Indonesia tetap mengutamakan kemudahan bagi pemiliknya dan pihak penjual. Sebab, biaya transaksinya sangat terjangkau dan kartu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi untuk menjamin proses transaksi yang cepat serta aman.

Jalin juga mendukung penerapan transaksi KKI yang bebas fraud dengan menyediakan infrastruktur layanan Jalin Verified. Melalui layanan ini, pihak perbankan dapat mengamankan kartu kredit yang diterbitkan dengan teknologi 3D Secure, sesuai standar keamanan terkini. Untuk mengetahui manfaat lainnya dari layanan Jalin, silakan kunjungi link ini!


Artikel Terbaru