- Beranda
- / berita
- / Berita
- / Berikan kenyamanan transaksi pembayaran selama periode Natal 2022 & Tahun Baru 2023, Jalin sinergikan operational excellence dengan 24 Bank dan 14 Non-Bank di Indonesia
Berikan kenyamanan transaksi pembayaran selama periode Natal 2022 & Tahun Baru 2023, Jalin sinergikan operational excellence dengan 24 Bank dan 14 Non-Bank di Indonesia
Dec 21, 2022
JAKARTA, 21 Desember 2022 – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai
Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) siap menghadapi dan mengantisipasi
lonjakan transaksi keuangan selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NATARU)
dengan mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK melalui instrumen
ATM, debit, maupun instrumen digital sepeti QRIS.
Antisipasi lonjakan transaksi di periode ini disampaikan Perusahaan dalam Forum LINK
NATARU dengan tema Hitting Impactful Services Through Synergy, dimana Jalin
memastikan sinergitas layanan dengan 38 member di Indonesia terjalin dengan baik agar
dapat mempersiapkan dan menjaga performansi operasional untuk melayani kebutuhan
Para Member dan nasabahnya dalam memberikan pelayanan transaksi keuangan yang
optimal selama periode tersebut.
Dalam sambutannya, Direktur Jalin, Aries Barkah, menyampaikan bahwa Perusahaan
mengambil inisiatif untuk mensinergikan operational excellence dengan Para Member,
secara khusus untuk memaksimalkan layanan kepada nasabah dan meminimalisir
hambatan serta gangguan operasional, khususnya di periode NATARU pada 21 Desember
2022 sampai 4 Januari 2023.
Jalin memproyeksikan akan terjadi lonjakan transaksi di periode Natal dan Tahun Baru.
Prediksi kenaikan transaksi setidaknya mencapai 8% dibandingkan bulan sebelumnya,
khususnya pada layanan Debit dan QRIS. Hal ini terlihat dari pola transaksi ATM dan QRIS
yang berdekatan dengan musim liburan sekolah, pembayaran gaji para pekerja PNS, BUMN,
Swasta, dan perilaku belanja masyarakat yang meningkat dalam memenuhi kebutuhan
Natal dan Tahun Baru.
Dengan adanya potensi lonjakan kenaikan tersebut, Jalin siap secara operasional untuk
melayani Para Member dan nasabahnya agar lebih nyaman melakukan transaksi dengan
mobilitas dan frekuensi yang lebih tinggi pada periode NATARU.
Kesiapan Jalin untuk menjaga operasional performansi selama NATARU dilakukan melalui
Service Level Agreement (SLA) yang sepakati dengan Para Member yang didukung oleh
strategi menjaga Threshold minimum, respon notifikasi alert, peningkatan monitoring
transaksi, memaksimalkan platform JSEECA (Jalin Site & Endpoint Controller Apps) untuk
menjaga performansi managed-service ATM yang dikelola Jalin dan member secara real
time, pelaksanaan Preventive maintenance mesin ATM, serta pengiriman Stock Part ATM
lebih awal untuk dapat meminimalisir potensi downtime sehingga nasabah dapat
menggunakan layanan ATM secara maksimal.
Aries Barkah pun menambahkan bahwa performansi operasional bisnis Jalin sampai
dengan Q4 2022 secara umum cukup menggembirakan. Selain mengelola lebih dari 19.000
ATM yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, Perusahaan bertumbuh dengan
bertambahnya member switching sebanyak 38 member yang terdiri dari 24 bank dan 14
non-bank. Jalin juga secara signifikan mampu melayani transaksi pembayaran dengan
prediksi total transaksi di tahun 2022 mencapai lebih dari 800 juta transaksi, termasuk
diantaranya adanya peningkatan transaksi QRIS hingga 10 kali lipat dengan prediksi
mencapai 160 juta transaksi dan transaksi debit hingga 50% dibandingkan tahun 2021.
Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa kinerja Jalin dan Para Member meningkat pesat
selama tahun 2022.
"Berdasarkan proyeksi kami, untuk total transaksi QRIS sampai di akhir Desember 2022
sendiri akan mencapai 27 juta transaksi. Jalin melihat ini sebagai momentum untuk
mendorong penggunaan QRIS yang lebih masif di tengah masyarakat agar mereka lebih
terbiasa menggunakan QRIS sebagai alat transaksi pembayaran non-tunai yang nyaman
dan aman", jelas Aries.
Aries menjelaskan pula bahwa Jalin terus melakukan pengembangan fitur-fitur baru QRIS
seperti seperti cross border dan TTS (Transfer, Tarik Tunai, Setor Tunai), dan senantiasa
memastikan operasional layanan QRIS terjaga untuk mendukung pesatnya peningkatan
transaksi QRIS. Jalin pun juga secara berkelanjutan terus mengedukasi dan meningkatkan
awareness kepada masyarakat agar QRIS menjadi pilihan utama untuk transaksi
pembayaran digital di Indonesia.
Upaya-upaya yang didorong oleh Jalin selama ini dalam menggalakkan penggunaan sistem
pembayaran transaksi digital merupakan dengan perwujudan visi Perusahaan sebagai ‘The
National Digital Highway’ demi menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial
dan non-finansial untuk mendorong inklusi keuangan nasional.
Dalam Forum Link NATARU di akhir tahun 2022 ini Perusahaan juga mengadakan sharing
session dengan Para Member terkait dengan kolaborasi di era Metaverse di dalam industri
keuangan dan perbankan. Ery Punta Hendraswara, Deputy EVP Digital Technology &
Platform Business Manager PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., selaku tamu undangan
dan guest speaker membagikan pandangannya kepada Perusahaan dan Para Member
dalam tajuk "Metaverse for Excellence Services".
"Keberadaan Metaverse dalam peningkatan pelayanan transaksi keuangan dan perbankan
di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, khususnya seperti yang kita lihat maraknya
bank-bank yang mulai beralih menjadi bank digital dengan menyediakan layanan-layanan
digital baru bagi nasabah", ungkap Ery.
Ery menambahkan bila para pelaku industri keuangan dan perbankan ingin memanfaatkan
metaverse dengan strategi jangka pendek dan jangka panjang. Strategi jangka pendek
fokus ke eksisting metaverses untuk mencari pelanggan potensial dan mencari target
pelanggan baru, khususnya menyasar pada Generasi Z. Sementara untuk strategi jangka
panjangnya adalah melakukan investasi untuk membangun dunia digital untuk
memperkenalkan produk dan layanan di dalam dunia metaverse dimana hal ini dapat
meningkatkan digital customer experience selain produk dan layanan yang telah digunakan
di dunia nyata.
Di akhir Forum Link NATARU, Aries menutup dengan menyampaikan bahwa Jalin tidak
hanya ingin memperbaharui informasi kepada Para Member terkait produk, layanan dan
performa operasional bisnis sepanjang 2022, tetapi Perusahaan juga ingin mendapatkan
feedback untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Jalin dalam memberikan layanan
transaksi pembayaran terbaik bagi Para Member dan nasabahnya, serta dapat
mensinergikan komitmen Operational Excellence antara Jalin dengan Para Member untuk
pencapaian target sesuai yang diharapkan.
Artikel Terbaru