Cara Menggunakan QRIS untuk Pemasaran dan Promosi
Aug 18, 2023
Tak hanya mempermudah pembayaran bagi pemilik usaha dan pelanggan, QRIS juga dapat menjadi alat pemasaran dan promosi yang sangat efektif. Mengapa demikian? Pasalnya, penggunaan QRIS sangat mudah, bahkan lebih praktis daripada membawa banyak uang tunai untuk melunasi transaksi pembayaran. Lantas, bagaimana cara menggunakan QRIS untuk mempromosikan bisnis Anda?
6 Cara Menggunakan QRIS untuk Promosi Bisnis
Jika Anda ingin memanfaatkan metode pembayaran yang serba-praktis sebagai media promosi bisnis, ikuti enam cara di bawah ini agar pemasukan usaha Anda lebih maksimal!
1. Sorot kelengkapan metode pembayaran
Salah satu cara terbaik untuk menggunakan QRIS sebagai alat promosi adalah dengan menyoroti kelengkapan metode pembayaran yang Anda tawarkan. Tentunya, dengan menyediakan QRIS, bisnis Anda jadi bisa menerima berbagai macam jenis pembayaran dengan hanya menyediakan QR code. Agar pelanggan lebih aware akan hal itu, pastikan Anda menampilkan logo QRIS dan metode pembayaran di berbagai media promosi Anda, seperti brosur, spanduk, atau media sosial.
Menyajikan metode pembayaran yang lengkap dan praktis pastinya dapat menarik perhatian pelanggan yang ingin mencari kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Misalnya, tampilkan QR code dengan jelas di toko fisik, website, dan media sosial bisnis Anda, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengakses metode pembayaran tersebut saat melakukan pemesanan atau pembelian.
2. Hadirkan diskon terbatas untuk metode tertentu
Diskon adalah cara yang ampuh untuk menarik perhatian pelanggan. Anda bisa memberikan diskon terbatas kepada pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan metode QRIS. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon 10% untuk setiap transaksi yang dibayar dengan QRIS selama periode tertentu. Hal ini akan mendorong pelanggan pengguna QRIS untuk bertransaksi di tempat Anda sekaligus memperkenalkan bisnis Anda yang memiliki metode pembayaran lebih praktis.
3. Pertimbangkan program cashback
Program cashback adalah cara efektif yang dapat mendorong pelanggan untuk menggunakan QRIS. Anda dapat menawarkan cashback atau potongan harga tertentu apabila pelanggan melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Misalnya, Anda dapat memberikan cashback sebesar 5% dari total pembelian bagi pelanggan yang membayar dengan alat pembayaran ini.
Program seperti ini pastinya akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pelanggan yang aktif menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran. Tapi, usahakan juga untuk sentiasa mempromosikan program cashback ini agar terlihat jelas dan menarik perhatian pelanggan, baik di online store maupun toko fisik milik Anda.
4. Tawarkan bonus gratis kepada pelanggan
Selain diskon dan cashback, Anda juga dapat memberikan bonus gratis kepada pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Misalnya, Anda dapat memberikan produk atau layanan gratis setelah pelanggan melakukan sejumlah transaksi dengan QRIS. Bonus ini tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga mendorong mereka untuk terus belanja di tempat Anda dan menggunakan QRIS. Contoh bonus gratis yang bisa Anda berikan adalah Buy 1 Get 1 atau memberikan voucher hadiah setelah pelanggan melakukan sejumlah transaksi.
5. Jual paket terbatas dengan harga terjangkau
QRIS juga dapat digunakan untuk mempromosikan penjualan paket terbatas dengan harga terjangkau. Sebagai pemilik usaha, Anda pasti pernah membuat paket produk atau layanan yang menarik pada periode waktu tertentu. Nah, penjualan dari paket tersebut bisa Anda pasarkan dengan harga terjangkau hanya untuk para pengguna QRIS. Sebagai contoh, Anda dapat membuat paket bundling atau paket langganan dengan diskon khusus. Hal ini akan memberikan nilai tambah kepada pelanggan dan mendorong mereka untuk memilih QRIS sebagai metode pembayaran.
6. Adakan sistem pre-order untuk produk eksklusif
Anda juga dapat menggunakan QRIS sebagai pendukung sistem pre-order produk eksklusif. Dengan menggunakan QRIS, pelanggan dapat melakukan pemesanan sebelum produk resmi diluncurkan. Hal ini tidak hanya akan memberikan peluang untuk membangun hype sebelum peluncuran, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pelanggan potensial sejak awal. Sehingga, nantinya Anda bisa terus menjalin komunikasi dan mempertahankan pelanggan hingga muncul loyalty yang tinggi.
Memanfaatkan QRIS nyatanya tak hanya mempermudah pembayaran bagi pelanggan maupun pemilik bisnis, tapi juga bisa dijadikan sebagai media promosi usaha. Metode pembayaran yang satu ini terbukti dapat memperluas jangkauan pasar yang akhirnya menunjang pertumbuhan usaha.
Apalagi, kini QRIS sudah bisa digunakan di lintas negara seperti Thailand dan Malaysia, dan ke depannya akan diperluas ke Singapura dan Filipina. Sehingga sebagai pemilik bisnis, Anda dapat melayani pelanggan yang lebih luas seperti turis pariwisata hanya dengan memindai QR.
Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan cara menggunakan QRIS yang disediakan perbankan atau fintech dengan Jalin sebagai penyedia infrastruktur sistem pembayaran, bisa dibaca informasi selengkapnya di sini!
Artikel Terbaru