Bagikan

Lengkap, Ini Dia Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Feb 16, 2023

Lengkap, Ini Dia Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Walaupun Anda bisa menyelesaikan transaksi bisnis maupun belanja dengan pembayaran cashless pada zaman sekarang, uang tunai tetaplah diperlukan jika sistem jaringan mesin EDC di toko sedang mengalami gangguan.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir apabila Anda harus tarik uang tunai ketika sedang tidak membawa kartu kredit atau debit. Sebab, ada cara tarik tunai tanpa kartu yang lebih mudah dan praktis, apalagi sekarang banyak bank sudah menawarkannya. Mari kita pelajari langkah-langkah dan kelebihannya di sini!

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Walaupun cara tarik tunai tanpa kartu debit ataupun kredit sangat bergantung dari tata letak menu layanan setiap bank, Anda tetap bisa mengikuti langkah-langkah umumnya di bawah ini.

1. Pastikan sudah memiliki aplikasi dan akun mobile banking

Untuk bisa mengikuti cara tarik tunai tanpa kartu ATM, Anda harus sudah meng-install aplikasi mobile banking di smartphone dan memiliki akun aktif terlebih dahulu. Namun, tidak perlu khawatir. Anda bisa menyelesaikan kedua hal tersebut tanpa perlu mengunjungi kantor cabang bank karena prosesnya sudah 100% online.

2. Pilih menu tarik tunai dan masukkan nominal yang diinginkan

Berikutnya, Anda cukup membuka aplikasi mobile banking dari bank penerbit rekening dan memilih menu “Tarik Tunai.” Umumnya, Anda bisa menemukan menu ini sebelum log in atau di halaman utama aplikasi setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Jika sudah berhasil mengakses menunya, masukkan nominal uang tunai yang ingin ditarik dan PIN transaksi Anda.

3. Konfirmasi untuk membuat kode token

Setelah memastikan bahwa detail rekening sumber dana serta nomor handphone Anda sudah tepat, Anda akan memperoleh kode token untuk proses transaksi tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM. Perlu diingat bahwa token cardless withdrawal hanya berlaku untuk waktu yang terbatas, umumnya selama 2 jam. Kalau token sudah kedaluwarsa, permintaan transaksi akan batal secara otomatis demi menjaga keamanan.

4. Kunjungi mesin ATM dan pilih menu cardless withdrawal

Pastikan Anda sudah menyimpan token dari aplikasi mobile banking dengan baik karena selanjutnya, Anda harus mendatangi mesin ATM terdekat sebelum mencapai batas waktu yang ditentukan. Setibanya di sana, Anda cukup memilih menu cardless withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu yang terletak di sudut kiri atau kanan bawah layar mesin ATM.

5. Masukkan nomor handphone dan kode token

Terakhir, ikuti instruksi cara tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM dengan memasukkan nomor handphone tujuan. Pastikan nomornya sudah sesuai dengan detail yang didaftarkan pada aplikasi mobile banking, begitu juga dengan token transaksi yang diperoleh. Setelah memasukkan nomor handphone, Anda akan diminta memasukkan kode token sebelum bisa mengambil uang.


Baca Juga: Lupa Bawa Kartu ATM? Berikut Ini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM


Kelebihan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Ternyata, tarik tunai tanpa kartu memiliki sejumlah keunggulan yang bisa menjadi alternatif bagi penarikan uang dengan kartu ATM. Apa saja contohnya?

● Lebih mudah dan cepat

Dengan cardless withdrawal, Anda sama sekali tidak perlu membawa dompet agar area penyimpanan di tas lebih lega dan untuk meminimalkan risiko kartu tertinggal di ATM. Bahkan, langkah-langkah yang digunakan juga lebih singkat daripada tarik tunai biasa, sehingga Anda bisa segera kembali bertransaksi.

● Aman dari kejahatan skimming

Tak hanya praktis dan efisien, penarikan tunai tanpa kartu ATM juga bisa melindungi Anda dari kejahatan skimming. Ini adalah metode pencurian uang yang melibatkan instalasi mesin pemindai strip magnetik kartu ATM dan kamera untuk merekam pergerakan tangan nasabah saat memasukkan PIN. Namun, tindak kejahatan ini tidak ampuh untuk transaksi dengan cardless withdrawal karena semua data transaksi tersimpan di smartphone.

Hadirkan Layanan Cardless Withdrawal dengan Jalin

Apakah Anda ingin menjawab kebutuhan nasabah akan metode penarikan tunai tanpa kartu ATM? Jika demikian, Anda bisa mengandalkan produk baru dari Jalin, yaitu Jalin Cardless Withdrawal.

Dengan layanan ini, mesin ATM dari bank member Jalin dapat melayani permintaan cardless withdrawal dengan aplikasi mobile banking maupun fintech yang banyak digunakan masyarakat. Kehadiran fitur baru ini akan menghemat biaya pencetakan kartu ATM, mengurangi pemakaian bahan plastik, serta menawarkan pengalaman layanan perbankan baru bagi nasabah Anda. Jadi, bank Anda akan tetap kompetitif di tengah era digital seperti sekarang.


Bagaimana, Anda sudah mengetahui cara tarik tunai tanpa kartu dan keuntungannya bagi nasabah maupun bisnis? Cardless withdrawal diperkirakan akan semakin diminati masyarakat karena lebih mudah dan hemat waktu.

Untungnya, sekarang sudah ada Jalin yang akan mempermudah Anda mengimplementasikan fitur canggih ini. Yuk, Jalin kerja sama bersama kami sekarang, dan hadirkan fitur tarik tunai tanpa kartu untuk penuhi kebutuhan nasabah Anda!

Artikel Terbaru