Bagikan

Ini 3 Alasan Pentingnya Rekber dalam Transaksi Jual-Beli Online

Nov 01, 2022

Ini 3 Alasan Pentingnya Rekber dalam Transaksi Jual-Beli Online

Saat melakukan transaksi jual-beli online melalui suatu platform e-commerce, umumnya digunakan rekber atau rekening bersama untuk menguntungkan kedua belah pihak. Memangnya, apa itu rekening bersama dan mengapa ini penting? Simak pengertian, cara kerja, dan manfaat selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Rekber?

Rekening bersama adalah konsep layanan keuangan dengan menyimpan dana di pihak ketiga setelah memperoleh persetujuan dari pihak pertama dan kedua. Dana yang tersimpan di pihak ketiga hanya akan cair apabila sudah memenuhi kondisi yang diharapkan. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda melakukan kegiatan jual-beli di sebuah e-commerce. Dana yang sudah ditransfer umumnya akan tersimpan terlebih dahulu di pihak e-commerce sampai barang betul-betul diterima oleh pembeli dan dana dicairkan kepada penjual.

Keamanan rekening bersama juga dijamin oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana yang menyatakan dua hal:

  1. Badan usaha bukan bank yang melakukan transaksi transfer dana harus berlandaskan badan hukum Indonesia dan sudah memperoleh izin dari Bank Indonesia; dan

  2. Tata cara dan syarat menyelenggarakan transaksi transfer dana yang disebut pada poin nomor satu telah diatur dalam peraturan Bank Indonesia. Barang siapa melanggar UU tersebut akan dikenakan denda administratif dan pidana.

Bagaimana Cara Kerja Rekber?

Setelah mengetahui pengertian dan landasan keamanannya, hal yang tak kalah penting berikutnya adalah memahami cara kerja rekening bersama. Pertama, hal yang mengawali terjadinya transaksi dengan rekber adalah ketika kedua belah pihak menyetujui untuk menggunakannya.

Setelah itu, pembeli melanjutkan ke proses pembayaran dan melakukan transfer dana ke rekening bersama. Di sisi lain, penjual menunggu pemberitahuan dari bank terkait bahwa dana dari pembeli telah diterima sehingga barang siap dikirimkan. Penjual lalu mengemas dan mengirimkan barangnya.

Barang yang diserahkan ke pembeli harus disertai dengan persetujuan dari pembeli bahwa pesanan atau barang telah diterima, baru dana bisa dicairkan dari rekening bersama ke rekening penjual. Jika kondisi barang rusak atau cacat, sebaiknya pembeli mengajukan ganti rugi dan pencairan dana dari rekening bersama akan diserahkan kembali ke rekening pembeli.

Mengapa Rekber Penting untuk Transaksi Jual-Beli Online?

Rekening bersama kini menjadi salah satu metode pembayaran favorit bagi penjual maupun pembeli. Adakah alasan yang melatarbelakanginya? Berikut tiga di antaranya!

  1. Lebih aman bagi kedua pihak

Seperti penjelasan di atas, rekening bersama telah mendapat landasan hukum yang jelas sehingga faktor keamanan tentunya sangat penting di sini. Selain punya UU, rekening bersama juga memberikan rasa aman yang lebih terhadap pembeli. Sebab, pembeli tidak perlu merasa was-was saat belanja online. Apabila kondisi barang tidak sempurna saat sampai di tangan pembeli, pengembalian dana juga bisa dilakukan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Begitu pula sebaliknya, risiko penjual terkena transaksi bodong dari pembeli juga menjadi lebih rendah. Hal ini berkat adanya fitur notifikasi penerimaan dana yang diberikan oleh bank penyedia layanan rekening bersama. Bisnis online pun bisa mendapat kredibilitas tinggi jika menerapkan sistem pembayaran seperti ini.

  1. Membuat kedua pihak lebih tenang saat transaksi

Karena keamanannya terjamin, proses transaksi jadi bisa dilakukan dengan lebih tenang oleh kedua belah pihak. Pembeli dapat mempercayai penjual karena dana hanya akan dicairkan ke rekening penjual saat barang sudah diterima dalam kondisi baik. Penjual juga akan mendapat kepastian transfer dana dari pembeli sehingga proses pengiriman barang tidak berisiko merugikan.

  1. Memberi jaminan atas produk yang dibeli

Pada penjelasan sebelumnya, sudah disinggung bahwa penjual hanya akan mendapat pencairan dana jika barang diterima dalam kondisi baik. Artinya, pembeli mendapat jaminan atas produk yang dibelinya. Saat produk sampai dengan kondisi rusak, cacat, atau tidak sesuai klaim yang dinyatakan penjual, pembeli bisa mengajukan pengembalian dana. Hal ini tentu saja dapat meminimalkan kerugian yang dialami pembeli dalam bertransaksi online.


Nyatanya, rekening bersama atau rekber merupakan layanan keuangan yang punya banyak manfaat bagi penjual maupun pembeli saat melakukan transaksi jual-beli online. Sebab, keamanannya terjamin dengan UU, cara kerjanya juga membuat proses jual-beli jadi lebih tenang, serta adanya jaminan atas produk. Oleh karena itu, menerapkan rekening bersama saat sedang merintis bisnis online patut untuk Anda pertimbangkan, demikian juga saat ingin bertransaksi online.

Artikel Terbaru