Bagikan

Cash Deposit Machine: Cara Kerja dan Manfaat bagi Bisnis

Jul 26, 2023

Cash Deposit Machine: Cara Kerja dan Manfaat bagi Bisnis

Apa yang Anda lakukan jika harus menyetor sejumlah uang tunai ke rekening bank? Pergi ke bank terdekat dan kemudian menunggu hingga dilayani oleh teller? Ternyata, kini sudah ada cara yang jauh lebih praktis dan cepat, yakni dengan memanfaatkan teknologi Cash Deposit Machine atau CDM. Untuk lebih mengenal tentang CDM, mari simak ulasan berikut in!

Apa Itu Cash Deposit Machine?

CDM merupakan sebuah teknologi keuangan yang memungkinkan Anda untuk bisa menyetorkan uang tunai ke rekening bank tanpa harus melalui teller. Seperti apa wujudnya? CDM memiliki bentuk yang sama dengan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hanya saja, CDM dilengkapi dengan perangkat tambahan untuk menerima uang tunai.

Nasabah cukup meletakkan uang tunai mereka ke dalam perangkat tersebut. Selanjutnya, sistem akan menghitung jumlah uang dan kemudian menyetorkannya langsung ke rekening bank. Setelah transaksi sukses, nasabah akan menerima tanda bukti penyetoran beserta jumlah akhir uang yang tersimpan di dalam rekening.

Manfaat Cash Deposit Machine untuk Bisnis

CDM memiliki banyak manfaat, terutama bagi pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan CDM.

1. Menghemat waktu transaksi

Dengan CDM, Anda bisa menyetorkan uang secara langsung ke mesin, tanpa perlu menunggu dilayani oleh teller bank. Ini jelas akan sangat menghemat waktu, terutama bagi para pelaku bisnis dengan jadwal yang padat.

2. Ketersediaan metode transaksi 24 jam

Tidak seperti layanan setor tunai di bank yang hanya beroperasi saat jam kerja saja, CDM tersedia selama 24 jam nonstop. Anda bisa menyetor uang kapan pun, bahkan di malam hari. Sangat menguntungkan, bukan?

3. Mengurangi risiko human error

Seluruh transaksi dengan CDM dilakukan secara otomatis oleh mesin, termasuk dalam penghitungan jumlah uang dan penyetoran ke rekening bank. Sistem ini mengurangi risiko human error yang mungkin terjadi saat Anda melakukan penyetoran ke teller bank, seperti salah penghitungan uang.

4. Bisa digunakan untuk melunasi pembayaran

CDM pada dasarnya merupakan mesin ATM dengan fitur tambahan untuk menerima uang tunai. Itu artinya, Anda bisa menggunakan CDM untuk melakukan transaksi yang biasa dilakukan di mesin ATM, seperti transfer uang dan melunasi pembayaran. Jadi setelah menyetor uang, Anda bisa langsung melakukan transaksi perbankan lainnya.

Cara Aman Menggunakan Cash Deposit Machine

Meski kinerjanya tak perlu diragukan lagi, Anda tetap harus berhati-hati. Agar aman selama menggunakan CDM, pastikan Anda melakukan langkah-langkah berikut ini!

1. Awasi lingkungan sekitar dan kondisi mesin terlebih dahulu

Sebelum bertransaksi dengan CDM, awasi lingkungan sekitar Anda. Ada baiknya Anda menggunakan CDM yang lokasinya tidak terlalu sepi. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi mesin. Pastikan seluruh komponen mesin lengkap dan tidak ada tanda-tanda mencurigakan seperti stiker kontak bantuan yang tidak mencantumkan nomor resmi bank.

2. Tutupi tangan saat memasukkan PIN

Tiap CDM pasti mengharuskan Anda memasukkan PIN (Personal Identification Number) untuk bisa bertransaksi. Tanpa PIN, transaksi Anda dianggap ilegal dan tidak akan bisa diproses. Mengingat pentingnya PIN saat bertransaksi dengan CDM, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN. Tutupi tangan Anda saat memasukkan PIN ke mesin. Selain itu, usahakan untuk mengganti PIN secara berkala dan hindari kode angka yang mudah ditebak.

3. Simpan uang tunai di tempat aman

Menyetor uang memiliki risiko keamanan yang besar. Untuk meminimalkan risiko tersebut, sebisa mungkin hindari memperlihatkan uang tunai yang akan Anda setor ke Cash Deposit Machine. Simpanlah uang tunai di tempat yang aman dan tidak mudah terlihat orang lain dan keluarkan uang hanya saat Anda akan menyetorkan uang ke mesin.


Hadirnya CDM memang memberikan kemudahan bagi Anda untuk menyetor uang tunai. Dengan teknologi ini, Anda bisa menyetor uang tanpa perlu lagi datang ke bank dan antre menunggu dilayani oleh teller. Cukup masukkan uang ke mesin dan sistem secara otomatis akan menyetorkan uang.

Selain itu, jika Anda menggunakan CDM khusus dari Jalin yang tersedia 24 jam–Cash 360–Anda tidak perlu menyortir dan menghitung uang sebelum disetorkan ke mesin. Jadi, dana akan langsung masuk ke rekening, dan Anda bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini? Yuk, kunjungi jalin.co.id!

Artikel Terbaru